Wednesday, May 2, 2012

Khasiat Jintan Hitam

Dalam sebuah Hadist riwayat Imam Bukhari riwayat dari Aisyah ra. Bahwa ia pernah mendengar Nabi SAW yang dalam sabdanya berbunyi ” Sesungguhnya dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit kecuali as-sam atau kematian”.

Habbatussauda/habbassauda atau jinten hitam atau biji hitam atau dalam bahasa lain disebut Syuwainiz, berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit yang dalam kategori ringan sampai penyakit yang berat dan sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, ibu menyusui dan para lansia. Kandungan senyawa kimia alami yang terdapat dalam habbasauda yang menjadi alasan mengapa habbatussauda merupakan salah satu obat yang dianjurkan dalam pengobatan Islam dan dianjurkan pula oleh Nabi SAW.

habbasauda mengandung 40 % minyak takasiri dan 1,4 % minyak atsiri, 15 macam asam amino, protein, kalsium, natrium dan kalium dan kandungan lainnya. Kandungan aktif yang terdapat pada biji jinten hitam adalah sel-sel T yang terdiri dari Thymoquinone (TQ), Dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Sel-sel 3T itulah yang kemudian terbukti dalam hasil penelitian dalam habbatussauda salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membunuh sel-sel tubuh yang mematikan.

Selain itu habbasauda mengandung lebih dari 100 macam zat aktif yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

Alanine, Arginine, Crystalline Nigellone,EFA (Essential Fatty Acid), Linolenic (Omega 3), Linoleic (Omega6), 15 Amino Acids, Protein, Carbohydrate, Volatile Oils, Alkaloids, Saponin, Crude Fiber;  minerals: iron, calcium, magnesium, sodium, selenium, potasium, zinc, carotene, niacin; vitamins: A, B1, B2, B6, C, E.

Asam lemak : asam linol, asam minyak, asam palmitin, asam stearin, asam myristin, asam arachin, asam palmitolein, asam gamma-linolen, asam eicosen.

Jika dikonsumsi secara rutin dan terus menerus, habbatussauda akan memberikan banyak manfaat, antara lain:
  • Melancarkan peredaran darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  • Meningkatkan stamina, vitalitas dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Menstabilkan kolesterol, tekanan darah, kadar gula darah dan kadar asam urat serta meningkatkan kinerja jantung.
  • Meremajakan sel-sel tubuh, menunda proses penuaan dini.
  • Membantu dan mengobati masalah pencernaan seperti maag, mules, kembung dan masuk angin serta mengatasi masalah pernapasan.

Keunggulan habbasauda kami adalah terletak pada proses pengolahannya, yaitu melalui cool process. Cara tersebut menjamin agar komposisi bahan yang begitu tinggi tetap terjaga selama proses extraksi.


 

No comments:

Post a Comment